24 Jan 2016

PENULISAN 3 - PENTINGNYA PROMOSI UNTUK KINERJA BISNIS

Promosi merupakan sebuah kebutuhan yang cukup penting dalam sebuah usaha bisnis. Upaya promosi yang Anda lakukan melalui sebuah usaha bisnis akan berpengaruh besar terhadap perkembangan usaha bisnis yang Anda kelola.
Bisa jadi produk yang Anda hasilkan adalah produk yang bernilai kualitas biasa, namun karena upaya promosi yang Anda lakukan berjalan maksimal, bisa jadi tingkat penjualan yang Anda peroleh berada di atas sebuah produk yang kualitasnya di atas kualitas barang produksi Anda.
Demikian juga sebaliknya, meskipun nilai kualitas produk usaha Anda sangat tinggi, apabila tidak dilakukan upaya promosi yang maksimal, maka bisa jadi orang tidak tahu, dan penjualan Anda pun biasa saja.
Para pengusaha yang mengerti urgensi atau pentingnya sebuah upaya promosi, maka ia akan melakukan beragam cara kreatuf untuk melakukan kegiatan tersebut. Promosi perlu dilakukan dengan cara-cara kreatif agar para pelanggan tidak bosan dengan gaya berjualan Anda. Upaya promosi yang kreatif juga akan bisa mendatangkan para pelanggan baru. Hal terpenting juga adalah bagaimana Anda selalu gencar melakukan kegiatan promosi.
Tingkat popularitas penggunaan jejaring sosial di internet yang terus melambung juga memberi kesempatan dan peluang untuk Anda para pengelola usaha bisnis untuk melakukan kegiatan promosi bisnis secara lebih mudah dan efisien lagi. Promosi melalui dunia maya dinilai cukup efektif, murah dan praktis. Bagi Anda para pengelola usaha bisnis, saatnya kini merambah internet sebagai salah satu sarana promosi paling murah dan terbukti mampu mendatangkan pelanggan dalam jumlah besar.
Apa sebenarnya hal terpenting yang ingin disampaikan melalui kegiatan promosi sehingga upaya tersebut dipandang sebagai salah satu indikator akan sukses atau tidaknya sebuah bisnis usaha? berikut ini beberapa fungsi dari sebuah kegiatan promosi:
1. Memperkenalkan produk atau jasa beserta kualitasnya terhadap konsumen
Upaya promosi merupakan kegiatan untuk memperkenalkan sebuah produk usaha atau layanan jasa yang ditawarkan oleh sebuah usaha bisnis. Melalui kegiatan promosi, diharapkan para konsumen menjadi tau tentang keberadaan sebuah produk atau jasa, beserta dengan kualitas yang ditawarkan. Sehingga dengan mengetahui kualitas tersebut, para konsumen bisa melakukan penilaian. Setelah adanya penilaian lalu timbul kecocokan maka akan terjadilah proses transaksi.
2. Upaya sosialisasi mengenai kegunaan sebuah produk atau beserta penjelasan cara menggunakannya
Kegiatan promosi yang dilakukan hendaknya juga merupakan cara untuk sosialisasi kepada konsumen tentang kegunaan sebuah produk atau layanan jasa, sekaligus pihak perusahaan juga berkewajiban menjelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan produk atau jasa tersebut agar tidak terjadi kesalahan.
3. Memperkenalkan kepada konsumen sebuah produk usaha atau layanan jasa yang baru
Di dalam menjalankan sebuah produksi barang atau layanan jasa, maka diperlukan adanya inovasi terhadap produk atau layanan yang diberikan. Adanya inovasi tersebut memunculkan sebuah produk atau jasa yang baru. Hal tersebut harus diketahui oleh konsume melalui upaya promosi.
Dengan adanya hal yang baru, diharapkan pihak konsumen menjadi lebih senang dan dimanjakan sehingga lebih berminat terhadap produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Dengen demikian maka jumlah konsumen untuk barang produksi atau jasa Anda akan semakin meningkat.
Demikianlah pentingnya sebuah upaya promosi di dalam kegiatan berwirausaha. Tanpa adanya upaya promosi yang maksimal, maka akan berpengaruh terhadap tingkat pendapatan usaha. Oleh karena itu, sudah saatnya usaha bisnis Anda saat ini menekankan upaya maksimal pada kegiatan promosi.
Setelah adanya penilaian lalu timbul kecocokan maka akan terjadilah proses transaksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar