Promosi merupakan sebuah
kebutuhan yang cukup penting dalam sebuah usaha bisnis. Upaya promosi yang Anda
lakukan melalui sebuah usaha bisnis akan berpengaruh besar terhadap
perkembangan usaha bisnis yang Anda kelola.
Bisa jadi produk yang Anda
hasilkan adalah produk yang bernilai kualitas biasa, namun karena upaya promosi
yang Anda lakukan berjalan maksimal, bisa jadi tingkat penjualan yang Anda
peroleh berada di atas sebuah produk yang kualitasnya di atas kualitas barang
produksi Anda.
Demikian juga sebaliknya,
meskipun nilai kualitas produk usaha Anda sangat tinggi, apabila tidak
dilakukan upaya promosi yang maksimal, maka bisa jadi orang tidak tahu, dan
penjualan Anda pun biasa saja.
Para pengusaha yang mengerti
urgensi atau pentingnya sebuah upaya promosi, maka ia akan melakukan beragam
cara kreatuf untuk melakukan kegiatan tersebut. Promosi perlu dilakukan dengan
cara-cara kreatif agar para pelanggan tidak bosan dengan gaya berjualan Anda.
Upaya promosi yang kreatif juga akan bisa mendatangkan para pelanggan baru. Hal
terpenting juga adalah bagaimana Anda selalu gencar melakukan kegiatan promosi.
Tingkat popularitas penggunaan
jejaring sosial di internet yang terus melambung juga memberi kesempatan dan
peluang untuk Anda para pengelola usaha bisnis untuk melakukan kegiatan promosi
bisnis secara lebih mudah dan efisien lagi. Promosi melalui dunia maya dinilai
cukup efektif, murah dan praktis. Bagi Anda para pengelola usaha bisnis,
saatnya kini merambah internet sebagai salah satu sarana promosi paling murah
dan terbukti mampu mendatangkan pelanggan dalam jumlah besar.
Apa sebenarnya hal terpenting
yang ingin disampaikan melalui kegiatan promosi sehingga upaya tersebut
dipandang sebagai salah satu indikator akan sukses atau tidaknya sebuah bisnis
usaha? berikut ini beberapa fungsi dari sebuah kegiatan promosi:
1. Memperkenalkan produk atau
jasa beserta kualitasnya terhadap konsumen
Upaya promosi merupakan
kegiatan untuk memperkenalkan sebuah produk usaha atau layanan jasa yang
ditawarkan oleh sebuah usaha bisnis. Melalui kegiatan promosi, diharapkan para
konsumen menjadi tau tentang keberadaan sebuah produk atau jasa, beserta dengan
kualitas yang ditawarkan. Sehingga dengan mengetahui kualitas tersebut, para
konsumen bisa melakukan penilaian. Setelah adanya penilaian lalu timbul
kecocokan maka akan terjadilah proses transaksi.
2. Upaya sosialisasi mengenai
kegunaan sebuah produk atau beserta penjelasan cara menggunakannya
Kegiatan promosi yang dilakukan
hendaknya juga merupakan cara untuk sosialisasi kepada konsumen tentang
kegunaan sebuah produk atau layanan jasa, sekaligus pihak perusahaan juga
berkewajiban menjelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan produk atau jasa
tersebut agar tidak terjadi kesalahan.
3. Memperkenalkan kepada
konsumen sebuah produk usaha atau layanan jasa yang baru
Di dalam menjalankan sebuah
produksi barang atau layanan jasa, maka diperlukan adanya inovasi terhadap
produk atau layanan yang diberikan. Adanya inovasi tersebut memunculkan sebuah
produk atau jasa yang baru. Hal tersebut harus diketahui oleh konsume melalui
upaya promosi.
Dengan adanya hal yang baru,
diharapkan pihak konsumen menjadi lebih senang dan dimanjakan sehingga lebih
berminat terhadap produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Dengen demikian
maka jumlah konsumen untuk barang produksi atau jasa Anda akan semakin meningkat.
Demikianlah pentingnya sebuah
upaya promosi di dalam kegiatan berwirausaha. Tanpa adanya upaya promosi yang
maksimal, maka akan berpengaruh terhadap tingkat pendapatan usaha. Oleh karena
itu, sudah saatnya usaha bisnis Anda saat ini menekankan upaya maksimal pada
kegiatan promosi.
Setelah adanya penilaian lalu
timbul kecocokan maka akan terjadilah proses transaksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar