7 Des 2014

BAB III : PEMASARAN



          1.       Pemasaran

           1.1      Pengertian Pemasaran

`Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan kegiatan usaha yang di tujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Disamping kegiatan pemasaran perusahaan perlu juga mengkombinasikan fungsi fungsi dan menggunakan keahlian mereka agar perusahaan berjalan dengan baik.

Dalam hal ini perlu diketahui beberapa definisi pemasarandari beberapa ahli diantaranya :
·       Menurut Kotler “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”
·       Menurut William J  Stanton “Pemasaran adalah suatu system total dari kegatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan,dan mendistribusikan barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen potensial”
·       Menurut H. Nystrom “Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
·       Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat “Pemasaran” adalah pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang di arahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
                                        

Pemasaran merupakan unsur yang cukup vital dari sebuah keberlangsungan usaha bisnis. Hampir 90% kesuksesan sebuah usaha bisnis sangat dipengaruhi oleh  upaya marketing atau pemasaran.


          1.2      Konsep Pemasaran


Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan  falsafah baru ini disebut dengan konsep pemasaran ( Marketing Concept ). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu :

1.       Saluran perencanaan dan kegiatan  perusahaan harus berorientasi pada konsumen/pasar.
2.          Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3.          Seluruh kegiatan pemasaran dalam pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan di integrasikan secara organisasi.

 Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitiberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik, kemudian menyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan.
Dalam pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu :

1)   Konsep Produksi

Konsep peoduksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produk dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.

2)   Konsep Produk

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, Performansi dan ciri ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri ciri terbaik.

3)   Konsep Penjualan

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja,organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4)   Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

5)   Konsep Pemasaran Sosial

Pada konsep ini tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan,keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien disbanding para pesaingnya dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

6)   Konsep Pemasaran Global

Pada konsep ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


                      2.     Jenis Jenis Pasar

                 2.1     Pengertian Pasar


 Apa yang kalian ketahui tentang pasar? Pengertian pasar secara umum adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Secara kacamata ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Sebenarnya jika dijabarkan secara luas pengertian pasar bukan hanya terbatas pada jual beli saja tetapi pengertian pasar secara luas merupakan orang orang yang mempunyai keinginan untuk mendapatkan kepuasan, uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
               Dari penjabaran diatas kita dapat mengambil garis besar bahwa terdapat faktor faktor yang menunjang terjadinya pasar, yakni : Keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.


  
         2.2    Fungsi Pasar
         

Dalam kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki fungsi sebagai berikut :

1.                    Pembentukan Nilai Harga

Pasar berfungsi untuk pembentukan harga ( nilai ) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling tawar menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.

2.                    Pendistibusian

Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan lancarr apabila pasar berfungsi dengan baik.

3.                 Promosi

Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan ( mempromosikan ) produk-produknya kepada konsumen. Karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak di undang.







       2.3    Jenis – Jenis Pasar

A.    Jenis jenis pasar menurut fisiknya

·        Pasar Konkret ( Pasar nyata ) adalah tempat pertemuan antara pembelian dan penjual melakukan transaksi secara langsung. Barang yang diperjualbelikan juga tersedia di pasar.
Contohnya, pasar sayuran,buah buahan, dan pasar tradisional
·        Pasar Abstrak ( Pasar tidak nyata ) adalah  terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya melalui telepon, internet, dan lain lain berdasarkan contoh barang.
Contoh : Pasar modal dan Telemarket

B.    Jenis jenis pasar menurut waktunya

·       Pasar harian adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan sehari hari. Misalnya pasar tradisional dan pasar modern.
·       Pasar Mingguan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat didaerah yang belum padat penduduk dan lokasi pemukimannya masih berjauhan, misalnya Pasar Kaget
·       Pasar Bulanan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan barang yang akan dijual kembali ( agen/grosir ), Pasar hewan
·       Pasar Tahunan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setahu sekali,misalnya Pekan Raya Jakarta ( PRJ )




C.    Jenis jenis pasar menurut barang yang diperjualbelikan

·          Pasar barang konsumsi adalah pasar yang memperjual belikan barang barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
·          Pasar sumber daya produksi adalah pasar  yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin, dan tanah.

D.    Jenis jenis pasar menurut luas kegiatannya

·          Pasar setempat adalah pasar  yang penjual dan pembelinya hanya penduduk sekitar atau setempat.
·          Pasar daerah atau pasar lokal adalah pasar disetiap daerah yang memperjualbelikan barang barang yang diperlukan penduduk daerah tersebut. Contohnya Pasar Gede di Solo
·          Pasar Nasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli barang mencakup satu negara contohnya Pasar Modal, Pasar Senen.
·          Pasar Internasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli barang barang keperluan masyarakat internasional. Contohnya : Pasar Kopi di Santos ( Brasil )








E.    Jenis jenis pasar menurut bentuknya
          
1.     Pasar Persaingan Sempurna

    adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas.

Ciri ciri pokok pasar persaingan sempurna adalah :
-             Terdapat banyak sekali penjual dan pembeli
-             Produk produk homogen.
-             Bebas keluar masuk pasar. Dalam pasar persaingan sempurna baik penjual maupun pembeli bebas untuk keluar masuk pasar
-             Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna.
-             Faktor faktor produksi bergerak bebas

Kelebihan pasar persaingan sempurna adalah :
-             Pembeli bebas memilih produk karena penjual banyak
-             Dapat memaksimumkan efesiensi.
-             Kebebasan bertindak dan memilih

Kelemahan pasar persaingan sempurna adalah :
-             Tidak mendorong inovasi.
-             Membatasi pilihan konsumen dalam satu barang tertentu.
-             Distribusi pendapatan tidak merata

2.   Pasar Persaingan Tidak Sempurna
            adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding tau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual dan sebaliknya. Bentuk bentuk pasar tidak sempurna adalah sebagai berikut :

A.  Pasar Monopoli

Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh hanya ada satu penjual /produsen di pasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli/konsumen. Pasar Monopoli terjadi karena dipasar terdapat faktor faktor yang menghambat yaitu penghambat teknis dan legal.

Ciri ciri pokok pasar monopoli adalah :
-             Hanya terdapat satu penjual
-             Jenis barang yang diproduksinya tidak ada barang penggantinya yang mirip
-             Ada hambatan atau rintangan bagi perusahaan baru yang akan masuk kedalam pasar monopoli.
-             Promosi iklan kurang diperlukan.

Kelebihan pasar monopoli adalah :
-             Keuntungan penjual cukup tinggi
-             Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah.

Kelemahan pasar monopoli adalah :
-             Pembeli tidak ada pilihan untuk membeli barang
-             Keuntungan hanya tertuju pada satu perusahaan saja.
-             Terjadi eksploitasi pembeli





B.  Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual yang menguasai  seluruh permintaan pasar. Contohnya : Pasar Pulsa ( telkomsel,indosat,XL )

Ciri ciri pokok pasar Oligopoli adalah :
-             Terdapat beberapa produsen/penjual yang menguasai pasar
-             Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak.
-             Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan diluar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
-             Salah satu dari para penguasa adalah Market Leader

Kelebihan pasar Oligopoli adalah :
-             Keuntungan penjual cukup tinggi
-             Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah.

Kelemahan pasar Oligopoli adalah :
-             Terjadi persaingan harga yang ketat
-             Terdapat rintangan yang besar untuk masuk kedalam pasar oligopoli







  

C.  Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada diantara dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Contohnya adalah pasar kendaraan bermotor.


Ciri ciri pokok pasar Monopolistik adalah :
-             Terdapat banyak produsen/penjual di pasar
-             Barang yang diperjualbelikan adalah barang differentiated product ( beda corak )
-             Jumlah perusahaan sangat kecil dibanding kan output total
-             Iklan sangat diperlukan untuk memenangkan persaingan pasar

Kelebihan pasar Monopolistik adalah :
-             Penjual tidak sebanyak  pasar persaingan sempurna
-             Memicu Produsen/penjual untuk berinovasi dalam barang yang ditawarkan
-             Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai

Kelemahan pasar Monpolistik adalah :
-             Biaya yang tidak sedikit karena memerlukan riset dan pengembangan produk untuk dapat bersaing
-             Persaingan sangat berat karena biasanya pasar didominasi oleh produk produk terkenal.





                3.             Manajemen Pemasaran
       

       Manajemen Pemasaran merupakan kegiatan yang di koordinasikan dan dikelola dengan baik. Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler yang di kutip Basu Swastha dan Hani Handoko sebagai berikut : “Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, penerapan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.
          Manajemen pasar  sangat penting untuk suatu perusahaan atau binsis karena sejatinya manajemen pasar adalah suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan dari perusahaan atau bisnis tersebut baik secara perkembangan maupun untuk mendapatkan laba.
Secara umum manajemen pemasaran mempunyai tiga tugas pokok :
1)    Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
2)    Melaksanakan rencana tersebut.
3)    Mengadakan Evaluasi, Menganalisa lalu penerapan dan pengawasan terhadap rencana tersebut dalam pelaksanaannya. ( untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas )
          Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.



Demikianlah sedikit pembahasan tentang “Pemasaran”. Pembahasan diatas selain sebagai tugas saya juga merupakan sedikit pengetahuan untuk kita semua  tentang manajemen pemasaran beserta jenis jenis pasar yang ada. Terima kasih telah membaca dan kunjungi terus blog ini yaaa karena akan memberikan informasi kepada kalian semua secara aktual J.Salam Mahasiswa.


4.              Daftar Pustaka
-        Kotler, Philip.2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
-        Stanton,William J.2001.Prinsip Pemasaran. Erlangga.Jakarta
-        Swastha, Basu dan Irawan.2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty,Yogyakarta.
-        Dharmmesta, B.S. & Handoko, H.(1982), Manajemen Pemasaran : Analisis perilaku konsumen . Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar