1. Pemasaran
1.1 Pengertian Pemasaran
`Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan
kegiatan usaha yang di tujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pemasaran
merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk
meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut.
Disamping kegiatan pemasaran perusahaan perlu juga mengkombinasikan fungsi
fungsi dan menggunakan keahlian mereka agar perusahaan berjalan dengan baik.
Dalam hal ini perlu diketahui beberapa definisi
pemasarandari beberapa ahli diantaranya :
· Menurut Kotler
“Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu
dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain”
· Menurut
William J Stanton “Pemasaran adalah
suatu system total dari kegatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan,dan mendistribusikan barang-barang yang
memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen
potensial”
· Menurut H. Nystrom “Pemasaran
merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke
tangan konsumen.
· Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika
Serikat “Pemasaran” adalah pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang di
arahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pemasaran
merupakan unsur yang cukup vital dari sebuah keberlangsungan usaha bisnis.
Hampir 90% kesuksesan sebuah usaha bisnis sangat dipengaruhi oleh upaya marketing atau pemasaran.
1.2 Konsep
Pemasaran
Pemasaran
merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui
adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut dengan konsep
pemasaran ( Marketing Concept ). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan
menggunakan tiga faktor dasar yaitu :
1. Saluran
perencanaan dan kegiatan perusahaan
harus berorientasi pada konsumen/pasar.
2.
Volume penjualan yang menguntungkan harus
menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu
sendiri.
3.
Seluruh kegiatan pemasaran dalam pemasaran
dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan di integrasikan secara organisasi.
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani
konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai
perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan
konsep penjualan yang menitiberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam
pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik, kemudian menyakinkan
konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran
menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu,
setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan.
Dalam
pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran
suatu organisasi yaitu :
1)
Konsep
Produksi
Konsep peoduksi berpendapat
bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana mana dan harganya
murah. Konsep ini berorientasi pada produk dengan mengerahkan segenap upaya
untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.
2)
Konsep
Produk
Konsep produk mengatakan bahwa
konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, Performansi dan ciri ciri
yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena
konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan
ciri ciri terbaik.
3)
Konsep
Penjualan
Konsep penjualan berpendapat
bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja,organisasi harus melaksanakan
upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4)
Konsep
Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan
bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan
dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara
lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5)
Konsep
Pemasaran Sosial
Pada konsep ini tugas
organisasi adalah menentukan kebutuhan,keinginan, dan kepentingan pasar sasaran
serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan
efisien disbanding para pesaingnya dengan tetap melestarikan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6)
Konsep
Pemasaran Global
Pada konsep ini, manajer eksekutif
berupaya memahami semua faktor faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran
melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk
memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
2.
Jenis Jenis Pasar
2.1
Pengertian
Pasar
Apa yang kalian ketahui tentang pasar?
Pengertian pasar secara umum adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk
melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Secara kacamata ekonomi, pasar berkaitan
dengan kegiatannya bukan tempatnya. Sebenarnya jika dijabarkan secara luas
pengertian pasar bukan hanya terbatas pada jual beli saja tetapi pengertian
pasar secara luas merupakan orang orang yang mempunyai keinginan untuk
mendapatkan kepuasan, uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari penjabaran diatas kita dapat
mengambil garis besar bahwa terdapat faktor faktor yang menunjang terjadinya
pasar, yakni : Keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.
2.2 Fungsi
Pasar
Dalam
kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki
fungsi sebagai berikut :
1.
Pembentukan
Nilai Harga
Pasar
berfungsi untuk pembentukan harga ( nilai ) karena pasar merupakan tempat
bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling tawar menawar dan akhirnya
membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil
dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.
2.
Pendistibusian
Pasar
mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara
langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan
lancarr apabila pasar berfungsi dengan baik.
3.
Promosi
Pasar
merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (
mempromosikan ) produk-produknya kepada konsumen. Karena pasar akan selalu
dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak di undang.
2.3 Jenis – Jenis Pasar
A. Jenis jenis pasar menurut fisiknya
·
Pasar
Konkret ( Pasar nyata ) adalah tempat pertemuan antara pembelian dan penjual
melakukan transaksi secara langsung. Barang yang diperjualbelikan juga tersedia
di pasar.
Contohnya,
pasar sayuran,buah buahan, dan pasar tradisional
·
Pasar
Abstrak ( Pasar tidak nyata ) adalah
terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya melalui telepon,
internet, dan lain lain berdasarkan contoh barang.
Contoh
: Pasar modal dan Telemarket
B. Jenis jenis pasar menurut waktunya
·
Pasar harian adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang diperjualbelikan adalah barang
kebutuhan sehari hari. Misalnya pasar tradisional dan pasar modern.
·
Pasar Mingguan adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat didaerah yang belum padat
penduduk dan lokasi pemukimannya masih berjauhan, misalnya Pasar Kaget
·
Pasar Bulanan adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan barang yang
akan dijual kembali (
agen/grosir ), Pasar hewan
·
Pasar Tahunan adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung setahu sekali,misalnya Pekan Raya Jakarta ( PRJ )
C. Jenis jenis pasar menurut barang yang
diperjualbelikan
·
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang
memperjual belikan barang barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
·
Pasar sumber daya produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor
produksi, seperti tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin, dan tanah.
D. Jenis jenis pasar menurut luas kegiatannya
·
Pasar setempat adalah pasar yang penjual dan pembelinya hanya penduduk
sekitar atau setempat.
·
Pasar daerah atau pasar lokal adalah pasar
disetiap daerah yang memperjualbelikan barang barang yang diperlukan penduduk
daerah tersebut. Contohnya Pasar
Gede di Solo
·
Pasar Nasional adalah pasar yang melakukan
transaksi jual beli barang mencakup satu negara contohnya Pasar Modal, Pasar Senen.
·
Pasar Internasional adalah pasar yang
melakukan transaksi jual beli barang barang keperluan masyarakat internasional.
Contohnya : Pasar Kopi di Santos (
Brasil )
E. Jenis jenis pasar menurut bentuknya
1. Pasar Persaingan Sempurna
adalah suatu bentuk interaksi antara
permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat
banyak dan hampir tidak terbatas.
Ciri ciri pokok pasar persaingan sempurna adalah :
-
Terdapat banyak sekali penjual dan pembeli
-
Produk produk homogen.
-
Bebas keluar masuk pasar. Dalam pasar
persaingan sempurna baik penjual maupun pembeli bebas untuk keluar masuk pasar
-
Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar
secara sempurna.
-
Faktor faktor produksi bergerak bebas
Kelebihan pasar persaingan sempurna adalah :
-
Pembeli bebas memilih produk karena penjual
banyak
-
Dapat memaksimumkan efesiensi.
-
Kebebasan bertindak dan memilih
Kelemahan pasar persaingan sempurna adalah :
-
Tidak mendorong inovasi.
-
Membatasi pilihan konsumen dalam satu barang
tertentu.
-
Distribusi pendapatan tidak merata
2.
Pasar
Persaingan Tidak Sempurna
adalah pasar yang jumlah penjual dan
pembeli tidak sebanding tau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah
pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual dan sebaliknya. Bentuk
bentuk pasar tidak sempurna adalah sebagai berikut :
A. Pasar Monopoli
Adalah
suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh hanya
ada satu penjual /produsen di pasar berhadapan dengan permintaan seluruh
pembeli/konsumen. Pasar Monopoli terjadi karena dipasar terdapat faktor faktor
yang menghambat yaitu penghambat teknis dan legal.
Ciri ciri pokok pasar monopoli adalah :
-
Hanya terdapat satu penjual
-
Jenis barang yang diproduksinya tidak ada
barang penggantinya yang mirip
-
Ada hambatan atau rintangan bagi perusahaan
baru yang akan masuk kedalam pasar monopoli.
-
Promosi iklan kurang diperlukan.
Kelebihan pasar monopoli adalah :
-
Keuntungan penjual cukup tinggi
-
Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang
biasanya diatur pemerintah.
Kelemahan pasar monopoli adalah :
-
Pembeli tidak ada pilihan untuk membeli
barang
-
Keuntungan hanya tertuju pada satu perusahaan
saja.
-
Terjadi eksploitasi pembeli
B. Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu
bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual yang
menguasai seluruh permintaan pasar.
Contohnya : Pasar Pulsa ( telkomsel,indosat,XL )
Ciri ciri pokok pasar Oligopoli adalah :
-
Terdapat beberapa produsen/penjual yang
menguasai pasar
-
Barang yang diperjualbelikan dapat homogen
dapat pula berbeda corak.
-
Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi
perusahaan diluar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
-
Salah satu dari para penguasa adalah Market Leader
Kelebihan pasar Oligopoli adalah :
-
Keuntungan penjual cukup tinggi
-
Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang
biasanya diatur pemerintah.
Kelemahan pasar Oligopoli adalah :
-
Terjadi persaingan harga yang ketat
-
Terdapat rintangan yang besar untuk masuk
kedalam pasar oligopoli
C. Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik
pada dasarnya adalah pasar yang berada diantara dua jenis pasar yaitu pasar
persaingan sempurna dan monopoli. Contohnya adalah pasar kendaraan bermotor.
Ciri ciri pokok pasar Monopolistik adalah :
-
Terdapat banyak produsen/penjual di pasar
-
Barang yang diperjualbelikan adalah barang
differentiated product ( beda corak )
-
Jumlah perusahaan sangat kecil dibanding kan
output total
-
Iklan sangat diperlukan untuk memenangkan
persaingan pasar
Kelebihan pasar Monopolistik adalah :
-
Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
-
Memicu Produsen/penjual untuk berinovasi
dalam barang yang ditawarkan
-
Pembeli tidak mudah berpindah dari produk
yang dipakai
Kelemahan pasar Monpolistik adalah :
-
Biaya yang tidak sedikit karena memerlukan
riset dan pengembangan produk untuk dapat bersaing
-
Persaingan sangat berat karena biasanya pasar
didominasi oleh produk produk terkenal.
3. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran merupakan kegiatan
yang di koordinasikan dan dikelola dengan baik. Definisi manajemen pemasaran
menurut Kotler yang di kutip Basu Swastha dan Hani Handoko sebagai berikut :
“Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, penerapan dan
pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar
yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.
Manajemen pasar sangat penting untuk suatu perusahaan atau
binsis karena sejatinya manajemen pasar adalah suatu kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan dari perusahaan
atau bisnis tersebut baik secara perkembangan maupun untuk mendapatkan laba.
Secara
umum manajemen pemasaran mempunyai tiga
tugas pokok :
1)
Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi
perusahaan
2)
Melaksanakan rencana tersebut.
3)
Mengadakan Evaluasi, Menganalisa lalu
penerapan dan pengawasan terhadap rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (
untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas )
Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih
matang dan tepat. Penerapan merupakan
kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan
adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi
penyimpangan.
Demikianlah sedikit pembahasan tentang “Pemasaran”.
Pembahasan diatas selain sebagai tugas saya juga merupakan sedikit pengetahuan
untuk kita semua tentang manajemen
pemasaran beserta jenis jenis pasar yang ada. Terima kasih telah membaca dan
kunjungi terus blog ini yaaa karena akan memberikan informasi kepada kalian
semua secara aktual J.Salam
Mahasiswa.
4.
Daftar Pustaka
-
Kotler,
Philip.2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
-
Stanton,William
J.2001.Prinsip Pemasaran. Erlangga.Jakarta
-
Swastha,
Basu dan Irawan.2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty,Yogyakarta.
-
Dharmmesta,
B.S. & Handoko, H.(1982), Manajemen
Pemasaran : Analisis perilaku konsumen . Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar